PEMBELAJARAN BAHASA MENURUT KOGNITIFISME
1. Chomsky
- Manusia sejak lahir memiliki kemampuan yang bersifat bawaan (innate).
- Pemakaian bahasa secara terus menerus akan bercampur dengan masukan
- Belajar adalah proses kreatif dan kognitif.
2. Dulay & burt
Proses
penguasaan bahasa adalah proses yang dialami oleh si penutur ketika ia
merekonstruksikan kaidah-kaidah bahasa yang ia simpulkan sendiri
3. Mac namara
Anak memiliki daya alami untuk belajar bahasa.
4. Jean Piaget
- Kemampuan Anak Mengkonseptualisasikan Hubungan Ketatabahasaan Antar Actor-Aksi-Obyek.
- Kemampuan Anak Memahami Kalimat Yang Mempunyai Makna Lebih.
5. Krashen
Ada beberapa hipotesis Krashen
I. Melalui proses pemerolehan dan cara belajar
1. Melalui proses pemerolehan (acquisition)
· Terjadi secara ambang sadar (sub-consiousness)
· Kemampuan berkomunikasi yang dimiliki sangat alamiah seperti penutur aslinya.
· Proses penguasaan ini tidak bisa dihindari karena bahasa yang dikuasai dibutuhkan untuk hidup.
· Anak tidak memiliki pengetahuan tentang kaidah bahasa.
· Tidak diperkuat dengan pengajaran dan koreksi.
2. Melalui cara belajar
· Proses terjadi secara sadar (consiousness)
· Proses belajar bisa dihindari
· Pembelajar memiliki pengetahuan tentang kaidah ketatabahasaan.
· Kemampuan dimiliki sebagai akibat pengajaran sehingga terjadi koreksi dari pengajar.
II. The Monitor Hypothesis
· Ada waktu yang cukup untuk memilih dan menerapkan kaidah bahasa hasil belajar
· Berfokus pada bentuk dan output yang benar.
· Memiliki pengetahuan tentang kaidah.
III. The Order Hypothesis
Proses pemerolehan struktur gramatikal terjadi secara berurutan. Bentuk-bentuk sederhana akan dikuasai terlebih dahulu dibandingkan bentuk-bentuk kompleks.
IV. The Input Hypothesis
Kemampuan berbahasa seseorang tergantung inputnya. Kelancaran berbahasa tidak dapat diajarkan secara langsung. Kemajuannya pun tergantung pada waktu.
Sumber :
Koento Wibisono.1997. Dasar-Dasar Filsafat. Jakarta : Universitas Terbuka
Koento Wibisono.1997. Dasar-Dasar Filsafat. Jakarta : Universitas Terbuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar